MANAJEMEN STRATEGIK
Dalam bab ini akan mempelajari
bagian penting dari perencanaan yang dilakukan manajer : mengembangakan
strategi organisasi. Setiap organisasi mempunyai strategi untuk melakukan apa
yang harus dilakukannya. Dan manajer harus mengelola strategi itu secara
efektif.
Sasaran pada bab ini adalah :
1. Mendefinisikan
manajemen strategi dan menjalaskan apa arti pentingnya
2. Menjelaskan
apa yang dilakukan manajer dalam 6 langkah proses manajemen strategi
3. Menggambarkan
tiga jenis strategi korporasi
4. Menggambarkan
keunggulan kompetitif dan strategi yang digunakan organisasi untuk
mendapatkannya.
5. Membahas
masalah manajemen strategi saat ini.
Dilema
seorang manajer
Sebagai pimpinan perusahaan
pengembang real estate terkemuka di Arab, Mohamed Ali Alabbar mempunyai tujuan
memenuhi permintaan akan perumahan yang berkualitas dan properti lainnya di
daerahnya dan yang semakin meningkat, dalam pasar yang sedang bertumbuh seperti
india dan mesir, Vila dan apartemen yang dibangun oleh perusahaannya, Emaar
Properties PJSC, telah terjual dengan cepat. Kombinasi manis antara tanah yang
murah dan permintaan yang tinggi telah menghasilkan marjin laba setinggi
langit. Marjin laba setinggi langit itu juga menggambarkan proyek terbesar
Emaar hinga saat ini-proyek Downtown Burj, yaitu pengembangan bangunan
tertinggi di dunia ( 2.300 ) kaki senilai $ 20 miliar dan tempat perbelanjaan
terbesar di dunia ( 1,500 toko). Pembangunan ini juga termasuk suatu daerah
barnama Old Town, dengan bangunan yang mempunyai kubah berwarna kuning-kuningan
seperti yang ada di kota-kota arab.ketika perusahaan terus berkembang pesat –
saat ini telah beroperasi di 16 negara – Mohamed menemukan bahwa tantangan
terbesarnya adalah implementasi strategi. Salah satu manajer puncaknya berkata :
kita mempunyai visi dan strategi. Pertanyaannya , apakah kita mempunyai
ketrampilan untuk menjalankan seluruh perusahaan itu? Tempatkan diri anda
sebagai Mohamed. Bagaimana analisis SWOT akan membantunya pada saat
perusahaannya terus bertumbuh?
MANAJEMEN
STRATEGI
Verdanta Resources, perusahaan metal
dan pertambangan yang berlokasi di india, akan menginvestasikan dana sebesar $
9,9 Miliar untuk meningkatakan kapasitas peleburan alumuniumnya, sebuah langkah
yang akan membuatnya menjadi salah satu produsen metal berbesar di dunia.
Disnay menanamkan modal dalam waralaba (franchise ) Toy Story dengan membuka
atraksi Toy Story di taman bermainnya. Harga bensin telah memaksa Toyota
mengurangi produksi SUV dan truknya. Hal tersebut hanyalah segelintir dari kisah
bisnis salama satu minggu, dan masing-masing menyangkut strategi perusahaan.
Manajemen strategik memainkan peran yang besar dari apa yang dilakukan manajer.
Dalam bagian ini, kita akan membahas apakah yang dimaksud dengan manajemen
strategik dan arti pentingnya.
APAKAH
MANAJEMEN STRATEGIK ITU?
Industri ritel diskon merupakan
tempat yang baik untuk melihat apa yang dimaksud dengan manajemen strategic.
Wal-Mart dan Kmart corporation (kini bagian dari Sears Holding) telah bertempur
untuk mendominasi pasar di Amirika serikat sejak tahun 1962, yaitu tahun di
mana kedua perusahaan tersebut didirikan. Kedua rantai ini mempunyai banyak
kesamaan yang mengejutkan:atmosfir toko, nama, pasar yang dilayani dan tujuan
organisasi. Namun kinerja Wal-Mart (secara keuangan dan yang lain) telah jauh
melampui Kmart. Wal-Mart adalah paritel terbesar di dunia, sementara Kmart
adalah paritel terbesar yang pernah meminta chapter II AS tentang perlindungan
kebangkrutan, mengapa kinerja kedua paritel itu berbeda?karena stragegi dan kapabilitas
kompetitif yang berbeda. Wal-Mart telah berhasil dengan menggunakan manajemen
strategic, sementar Kmart gagal.
Manajemen
stragetik adalah apa yang dilakukan manajer untuk mengembangkan strategi
organisasi. Ini merupakan tugas penting yang melibatkan semua fungsi manajemen
dasar-perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Apakah strategi organisasi? Strategi adalah
rencana mengenai bagaimana sebuah organisasi akan melakukan sesuatu yang harus
dikerjakan dalam bisnis, bagimana organisasi akan menang bersaing, dan bagimana
menarik serta memuaskan para pelanggannya agar dapat mencapai tujuannya.
Salah satu istilah yang sering digunakan
dalam manajemen strategik adalah model
bisnis, yaitu bagimana perusahaan akan menghasilkan uang. Model bisnis
berfokus pada dua factor : (1) apakah pelanggan menghargai apa yang disediakan
perusahaan, dan (2) apakah perusahaan dapat menghasilkan uang dengan melakukan
hal tersebut. Sebagai contoh, Dell memelopori model bisnis yang baru untuk
menjual komputer secara langsung kepada konsumen melalui internet dan bukan
melalui paritel computer, seperti semua manufaktur lainnya. Apakah pelanggan
menghargainya? tentu saja! Apakah Dell menghasilkan uang dengan melakukan hal
tersebut? Tentu saja! Ketika manajer berpikir mengenai strategi, mereka harus
berpikir mengenai viabilitas ekonomis dari model bisnis perusahaannya.
MENGAPA
MANAJEMEN STRATEGIK ITU PENTING?
Mengapa manajemen strategic sangat
penting? Ada tiga alasan :
1. yang
paling penting adalah bahwa hal itu dapat membedakan seberapa baik kinerja
perusahaan. Mengapa beberapa perushaan berhasil sementara yang lainnya gagal,
meskipun menghadapi kondisi lingkungan yang sama? Ingat contoh WalMart dan
Kmart. Riset telah menemukan hubungan yang positif antara perencanaan strategic
dan kinerja. Dengan kata lain, terlihat bahwa organisasi yang menggunakan
manajemen strategic mempunyai tingkat kinerja yang lebih tinggi. Dan itu
membuatnya cukup penting bagi para manajer.
2. Berhubungan
dengan fakta bahwa manajer di semua jenis dan ukuran organisasi terus
menghadapi situasi yang berubah. Mereka menghadapi ketidakpastian dengan
menggunakan proses manajemen strategic untuk memeriksa factor-faktor yang
relevan
3. Karena
organisasi bersifat kompleks dan beragam, setiap bagian harus bekerja untuk
mencapai tujuan organisasi; manajemen strategic akan membantu melakukan hal
ini. Sebagai contoh, dengan lebih dari 2,1 juta karyawan di seluruh dunia yang
bekerja dalam berbagai departemen,area fungsional dan toko, Wal-Mart menggunakan
manajemen strategic untuk membantu mengoordinasikan serta memfokuskan usaha
para karyawan pada apa yang penting.
Dewasa ini, baik organisasi bisnis
maupun organisasi nirlaba menggunakan manajemen strategic, sebagai contoh,
London Stock Exchangen(LSE) yang telah berusia 300 tahun menghadapi persaingan
dari banyak bursa baru di seluruh dunia.CEOnya, Clara Furse, menggunakan
manajemen strategic untuk menghasilkan respons. LSE memisahkan dirinya dari
persaingan dengan menjadi bursa saham yang unggul di bidang teknologi. Walaupun
riset manajemen strategic dalam organisasi nirlaba tidak sebaik seperti yang
dilakukan dalam organisasi yang mengejar laba,kita ketahui bahwa hal tersebut
juga penting bagi organisasi nirlaba.
PROSES
MANAJEMEN STRATEGIK
Proses manajemen strategic adalah
proses enam langkah yang memandu perencanaan,implementasi dan evaluasi
strategi. Walaupun empat langkah yang pertama menjelaskan perencanaan yang
harus dilkukan, implementasi dan evaluasi juga sama pentingnya! Bahkan strategi
terbaik pun dapat saja gagal bila manajemen tidak mengimplementasikan atau
mengevaluasinya secara layak. Proses langkahnya :
1.
Mengidentifikasi misi, Tujuan dan strategi organisasi saat ini
2.
Melakukan analisis eksternal
3.
Melakukan analisis internal
4.
Memformulasikan strategi
5.
Mengimplementasikan strategi
6.
Mengevaluasi hasil
STRATEGI
KORPORASI
Perlu diketahui, bahwa organisasi
menggunakan tiga jenis strategi : korporasi, kompetitif dan fungsional. Manajer
atas bisanya bertanggung jawab atas strategi korporasi, manajer tingkat
menengah atas strategi kompetitif dan tingkat bawah bertanggung jawab atas
strategi funsional.
APA
ITU STRATEGI KORPORASI
Strategi
korporasi adalah yang menspesifikasi apa yang akan dimasuki atau yang ingin
dimasuki dan apa yang ingin dikerjakan oleh perusahaan dengan bisnis tersebut.
Ini didasarkan pada misi dan tujuan organisasi serta peranan yang akan
dimainkan setiap unit bisnis organisasi. Sebagai contoh kita dapat melihat
kedua aspek tersebut dengan Pepsico, misinya adalah menjadi perusahaan produk
konsumen terkemuka di dunia yang berfokus pada makanan dan minuman siap saji,
PepsiCo mengejar misinya dengan strategi korporasi yang menempatkannya pada
bisnis yang berbeda, termasuk PepsiCo Internasional, Frito Lay North Amireca,
PepsiCo Beverege North America dan Quaker Food North America. Bagian lain dari
strategi korporasi adalah manajer puncak memutuskan apa yang akan dilakukan
dengan bisnis-bisnis tersebut.
APA
SAJA JENIS STRATEGI KORPORASI
Ada tiga jenis utama strategi
korporasi yaitu pertumbuhan, stabilitas dan pembaharuan. Mari kita bahas
masing-masing jenis itu.
Strategi
pertumbuhan. Wal-Mart, Paritel terbesar di dunia, terus tumbuh merambah
pasar di seluruh dunia. Dengan strategi pertumbuhan, sebuah organisasi
memperluas jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkan, baik melalui bisnis yang
sudah ada saat ini maupun melalui bisnis yang baru. Karena strategi
pertumbuhannya, sebuah organisasi dapat meningkatkan pendapatannya, jumlah
karyawan, atau pangsa pasar. Organisasi tumbuh dengan menggunakan konsentrasi,
intergrasi vertical, integrasi horizontal atau diversifikasi.
Strategi
Stabilitas. Ketika penjualan permen dan coklat menurun, Cadbury yang hampir
setengah dari penjualan manisannya berasal dari coklat mempertahankan agar
barang itu tetap berada ditempatnya. Strategi
stabilitas adalah strategi korporasi dimana organisasi tetap melakukan apa
yang sedang dilakukan saat ini. Sehingga tidak tumbuh dan juga tidak tertinggal
di belakang.
Strategi
Pembaharuan. Pada tahun 2007, General Motor menderita kerugian sebesar $
38,7 Miliar, Sprint-Nextel menderita kerugian sebesar $ 29,5 miliar, dan banyak
perusahaan yang bergerak di bidang property menghadapi masalah keuangan yang
serius. Ketika sebuah organisasi sedang menghadap kesulitan, sesuatu perlu
dilakukan. Manajer harus mengembangakan strategi. Yang disebut strategi
pembaharuan. Untuk mengatasi kinerja yang menurun, ada dua jenis utama strategi
pembaharuan ; strategi pengurangan biaya dan strategi pemutarbalikan.
BAGIMANA
STRATEGI KORPORASI DIKELOLA?
Ketika strategi korporasi yang
diterapkan organisasi meliputi sejumlah bisnis, manajer dapat mengelola
kumpulan atau portofolio, bisnis ini dengan menggunakan alat yang disebut
matriks portofolio korporasi, metrics ini menyediakan kerangka untuk memahami
bisnis yang berbeda-beda dan membantu manajer menyusun perioritas alokasi
sumber daya. Matriks portofolio yang pertama-Matrik BCG yang dikembangkan oleh
Boston Consulting Group dan memperkenalkan ide bahwa berbagai bisnis yang
dijalani sebuah organisasi dapat dievaluasi dengan menggunakan matriks 2x2
untuk mengidentifikasi mana yang menawarkan potensi yang tinggi dan mana yang
menghabiskan sumber daya organisasi.
STRATERI
KOMPETITIF
Strategi
kompetitif adalah strategi tentang bagaimana organisasi akan bersaing dalam
bisnisnya,
Lima
Model Kekuatan. Dalam setiap industri, lima kekuatan kompetitif menentukan peraturan persaingan. Kelima kekuatan tersebut
menentukan daya tarik dan profitabilitas industri, yang dinilai menajer dengan
menggunakan lima factor berikut :
1. Ancaman pendatang baru,
seberapa mungkin masuknya pesaing baru dalam industri?
2. Ancaman Pengganti,
seberapa mungkin produk industri lain bisa menggantikan produk industry kita?
3. Daya tawar pembeli,
seberapa besar daya tawar yang dimiliki pembeli(pelanggan)?
4. Daya tawar pemasok,
seberapa besar daya tawar yang dimiliki pemasok?
5. Persaingan saat ini,
seberapa sengit persaingan antar pesaing dalam industry saat ini?
MASALAH
MANAJEMEN STRATEGI SAAT INI
Fleksibilitas
strategic yaitu kapabilitas untuk menyadari perubahan lingkungan exsternal
yang utama, berkomitmen pada sumber daya secara cepat, dan menyadari ketika
keputusan strategi itu tidak berhasil-merupakan hal yang penting karena manajer
sering menghadapi lingkungan yang sangat tidak pasti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar