Laman

Senin, 04 April 2016

MANAJEMEN STRATEGIK



MANAJEMEN  STRATEGIK

            Dalam bab ini akan mempelajari bagian penting dari perencanaan yang dilakukan manajer : mengembangakan strategi organisasi. Setiap organisasi mempunyai strategi untuk melakukan apa yang harus dilakukannya. Dan manajer harus mengelola strategi itu secara efektif.
            Sasaran pada bab ini adalah :
1.      Mendefinisikan manajemen strategi dan menjalaskan apa arti pentingnya
2.      Menjelaskan apa yang dilakukan manajer dalam 6 langkah proses manajemen strategi
3.      Menggambarkan tiga jenis strategi korporasi
4.      Menggambarkan keunggulan kompetitif dan strategi yang digunakan organisasi untuk mendapatkannya.
5.      Membahas masalah manajemen strategi saat ini.
            Dilema seorang manajer
            Sebagai pimpinan perusahaan pengembang real estate terkemuka di Arab, Mohamed Ali Alabbar mempunyai tujuan memenuhi permintaan akan perumahan yang berkualitas dan properti lainnya di daerahnya dan yang semakin meningkat, dalam pasar yang sedang bertumbuh seperti india dan mesir, Vila dan apartemen yang dibangun oleh perusahaannya, Emaar Properties PJSC, telah terjual dengan cepat. Kombinasi manis antara tanah yang murah dan permintaan yang tinggi telah menghasilkan marjin laba setinggi langit. Marjin laba setinggi langit itu juga menggambarkan proyek terbesar Emaar hinga saat ini-proyek Downtown Burj, yaitu pengembangan bangunan tertinggi di dunia ( 2.300 ) kaki senilai $ 20 miliar dan tempat perbelanjaan terbesar di dunia ( 1,500 toko). Pembangunan ini juga termasuk suatu daerah barnama Old Town, dengan bangunan yang mempunyai kubah berwarna kuning-kuningan seperti yang ada di kota-kota arab.ketika perusahaan terus berkembang pesat – saat ini telah beroperasi di 16 negara – Mohamed menemukan bahwa tantangan terbesarnya adalah implementasi strategi. Salah satu manajer puncaknya berkata : kita mempunyai visi dan strategi. Pertanyaannya , apakah kita mempunyai ketrampilan untuk menjalankan seluruh perusahaan itu? Tempatkan diri anda sebagai Mohamed. Bagaimana analisis SWOT akan membantunya pada saat perusahaannya terus bertumbuh?
MANAJEMEN STRATEGI

            Verdanta Resources, perusahaan metal dan pertambangan yang berlokasi di india, akan menginvestasikan dana sebesar $ 9,9 Miliar untuk meningkatakan kapasitas peleburan alumuniumnya, sebuah langkah yang akan membuatnya menjadi salah satu produsen metal berbesar di dunia. Disnay menanamkan modal dalam waralaba (franchise ) Toy Story dengan membuka atraksi Toy Story di taman bermainnya. Harga bensin telah memaksa Toyota mengurangi produksi SUV dan truknya. Hal tersebut hanyalah segelintir dari kisah bisnis salama satu minggu, dan masing-masing menyangkut strategi perusahaan. Manajemen strategik memainkan peran yang besar dari apa yang dilakukan manajer. Dalam bagian ini, kita akan membahas apakah yang dimaksud dengan manajemen strategik dan arti pentingnya.
APAKAH MANAJEMEN STRATEGIK ITU?
            Industri ritel diskon merupakan tempat yang baik untuk melihat apa yang dimaksud dengan manajemen strategic. Wal-Mart dan Kmart corporation (kini bagian dari Sears Holding) telah bertempur untuk mendominasi pasar di Amirika serikat sejak tahun 1962, yaitu tahun di mana kedua perusahaan tersebut didirikan. Kedua rantai ini mempunyai banyak kesamaan yang mengejutkan:atmosfir toko, nama, pasar yang dilayani dan tujuan organisasi. Namun kinerja Wal-Mart (secara keuangan dan yang lain) telah jauh melampui Kmart. Wal-Mart adalah paritel terbesar di dunia, sementara Kmart adalah paritel terbesar yang pernah meminta chapter II AS tentang perlindungan kebangkrutan, mengapa kinerja kedua paritel itu berbeda?karena stragegi dan kapabilitas kompetitif yang berbeda. Wal-Mart telah berhasil dengan menggunakan manajemen strategic, sementar Kmart gagal.
            Manajemen stragetik adalah apa yang dilakukan manajer untuk mengembangkan strategi organisasi. Ini merupakan tugas penting yang melibatkan semua fungsi manajemen dasar-perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Apakah strategi organisasi? Strategi adalah rencana mengenai bagaimana sebuah organisasi akan melakukan sesuatu yang harus dikerjakan dalam bisnis, bagimana organisasi akan menang bersaing, dan bagimana menarik serta memuaskan para pelanggannya agar dapat mencapai tujuannya.
            Salah satu istilah yang sering digunakan dalam manajemen strategik adalah model bisnis, yaitu bagimana perusahaan akan menghasilkan uang. Model bisnis berfokus pada dua factor : (1) apakah pelanggan menghargai apa yang disediakan perusahaan, dan (2) apakah perusahaan dapat menghasilkan uang dengan melakukan hal tersebut. Sebagai contoh, Dell memelopori model bisnis yang baru untuk menjual komputer secara langsung kepada konsumen melalui internet dan bukan melalui paritel computer, seperti semua manufaktur lainnya. Apakah pelanggan menghargainya? tentu saja! Apakah Dell menghasilkan uang dengan melakukan hal tersebut? Tentu saja! Ketika manajer berpikir mengenai strategi, mereka harus berpikir mengenai viabilitas ekonomis dari model bisnis perusahaannya.
MENGAPA MANAJEMEN STRATEGIK ITU PENTING?
            Mengapa manajemen strategic sangat penting? Ada tiga alasan :
1.      yang paling penting adalah bahwa hal itu dapat membedakan seberapa baik kinerja perusahaan. Mengapa beberapa perushaan berhasil sementara yang lainnya gagal, meskipun menghadapi kondisi lingkungan yang sama? Ingat contoh WalMart dan Kmart. Riset telah menemukan hubungan yang positif antara perencanaan strategic dan kinerja. Dengan kata lain, terlihat bahwa organisasi yang menggunakan manajemen strategic mempunyai tingkat kinerja yang lebih tinggi. Dan itu membuatnya cukup penting bagi para manajer.
2.      Berhubungan dengan fakta bahwa manajer di semua jenis dan ukuran organisasi terus menghadapi situasi yang berubah. Mereka menghadapi ketidakpastian dengan menggunakan proses manajemen strategic untuk memeriksa factor-faktor yang relevan
3.      Karena organisasi bersifat kompleks dan beragam, setiap bagian harus bekerja untuk mencapai tujuan organisasi; manajemen strategic akan membantu melakukan hal ini. Sebagai contoh, dengan lebih dari 2,1 juta karyawan di seluruh dunia yang bekerja dalam berbagai departemen,area fungsional dan toko, Wal-Mart menggunakan manajemen strategic untuk membantu mengoordinasikan serta memfokuskan usaha para karyawan pada apa yang penting.
            Dewasa ini, baik organisasi bisnis maupun organisasi nirlaba menggunakan manajemen strategic, sebagai contoh, London Stock Exchangen(LSE) yang telah berusia 300 tahun menghadapi persaingan dari banyak bursa baru di seluruh dunia.CEOnya, Clara Furse, menggunakan manajemen strategic untuk menghasilkan respons. LSE memisahkan dirinya dari persaingan dengan menjadi bursa saham yang unggul di bidang teknologi. Walaupun riset manajemen strategic dalam organisasi nirlaba tidak sebaik seperti yang dilakukan dalam organisasi yang mengejar laba,kita ketahui bahwa hal tersebut juga penting bagi organisasi nirlaba.
PROSES MANAJEMEN STRATEGIK
            Proses manajemen strategic adalah proses enam langkah yang memandu perencanaan,implementasi dan evaluasi strategi. Walaupun empat langkah yang pertama menjelaskan perencanaan yang harus dilkukan, implementasi dan evaluasi juga sama pentingnya! Bahkan strategi terbaik pun dapat saja gagal bila manajemen tidak mengimplementasikan atau mengevaluasinya secara layak. Proses langkahnya :
1. Mengidentifikasi misi, Tujuan dan strategi organisasi saat ini
2. Melakukan analisis eksternal
3. Melakukan analisis internal
4. Memformulasikan strategi
5. Mengimplementasikan strategi
6. Mengevaluasi hasil
STRATEGI KORPORASI
            Perlu diketahui, bahwa organisasi menggunakan tiga jenis strategi : korporasi, kompetitif dan fungsional. Manajer atas bisanya bertanggung jawab atas strategi korporasi, manajer tingkat menengah atas strategi kompetitif dan tingkat bawah bertanggung jawab atas strategi funsional.
APA ITU STRATEGI KORPORASI
            Strategi korporasi adalah yang menspesifikasi apa yang akan dimasuki atau yang ingin dimasuki dan apa yang ingin dikerjakan oleh perusahaan dengan bisnis tersebut. Ini didasarkan pada misi dan tujuan organisasi serta peranan yang akan dimainkan setiap unit bisnis organisasi. Sebagai contoh kita dapat melihat kedua aspek tersebut dengan Pepsico, misinya adalah menjadi perusahaan produk konsumen terkemuka di dunia yang berfokus pada makanan dan minuman siap saji, PepsiCo mengejar misinya dengan strategi korporasi yang menempatkannya pada bisnis yang berbeda, termasuk PepsiCo Internasional, Frito Lay North Amireca, PepsiCo Beverege North America dan Quaker Food North America. Bagian lain dari strategi korporasi adalah manajer puncak memutuskan apa yang akan dilakukan dengan bisnis-bisnis tersebut.

APA SAJA JENIS STRATEGI KORPORASI
            Ada tiga jenis utama strategi korporasi yaitu pertumbuhan, stabilitas dan pembaharuan. Mari kita bahas masing-masing jenis itu.
            Strategi pertumbuhan. Wal-Mart, Paritel terbesar di dunia, terus tumbuh merambah pasar di seluruh dunia. Dengan strategi pertumbuhan, sebuah organisasi memperluas jumlah pasar yang dilayani atau produk  yang ditawarkan, baik melalui bisnis yang sudah ada saat ini maupun melalui bisnis yang baru. Karena strategi pertumbuhannya, sebuah organisasi dapat meningkatkan pendapatannya, jumlah karyawan, atau pangsa pasar. Organisasi tumbuh dengan menggunakan konsentrasi, intergrasi vertical, integrasi horizontal atau diversifikasi. 
            Strategi Stabilitas. Ketika penjualan permen dan coklat menurun, Cadbury yang hampir setengah dari penjualan manisannya berasal dari coklat mempertahankan agar barang itu tetap berada ditempatnya. Strategi stabilitas adalah strategi korporasi dimana organisasi tetap melakukan apa yang sedang dilakukan saat ini. Sehingga tidak tumbuh dan juga tidak tertinggal di belakang.
            Strategi Pembaharuan. Pada tahun 2007, General Motor menderita kerugian sebesar $ 38,7 Miliar, Sprint-Nextel menderita kerugian sebesar $ 29,5 miliar, dan banyak perusahaan yang bergerak di bidang property menghadapi masalah keuangan yang serius. Ketika sebuah organisasi sedang menghadap kesulitan, sesuatu perlu dilakukan. Manajer harus mengembangakan strategi. Yang disebut strategi pembaharuan. Untuk mengatasi kinerja yang menurun, ada dua jenis utama strategi pembaharuan ; strategi pengurangan biaya dan strategi pemutarbalikan.
BAGIMANA STRATEGI KORPORASI DIKELOLA?
            Ketika strategi korporasi yang diterapkan organisasi meliputi sejumlah bisnis, manajer dapat mengelola kumpulan atau portofolio, bisnis ini dengan menggunakan alat yang disebut matriks portofolio korporasi, metrics ini menyediakan kerangka untuk memahami bisnis yang berbeda-beda dan membantu manajer menyusun perioritas alokasi sumber daya. Matriks portofolio yang pertama-Matrik BCG yang dikembangkan oleh Boston Consulting Group dan memperkenalkan ide bahwa berbagai bisnis yang dijalani sebuah organisasi dapat dievaluasi dengan menggunakan matriks 2x2 untuk mengidentifikasi mana yang menawarkan potensi yang tinggi dan mana yang menghabiskan sumber daya organisasi.
STRATERI KOMPETITIF
            Strategi kompetitif adalah strategi tentang bagaimana organisasi akan bersaing dalam bisnisnya,
            Lima Model Kekuatan. Dalam setiap industri, lima kekuatan kompetitif menentukan  peraturan persaingan. Kelima kekuatan tersebut menentukan daya tarik dan profitabilitas industri, yang dinilai menajer dengan menggunakan lima factor berikut :
1.      Ancaman pendatang baru, seberapa mungkin masuknya pesaing baru dalam industri?
2.      Ancaman Pengganti, seberapa mungkin produk industri lain bisa menggantikan produk industry kita?
3.      Daya tawar pembeli, seberapa besar daya tawar yang dimiliki pembeli(pelanggan)?
4.      Daya tawar pemasok, seberapa besar daya tawar yang dimiliki pemasok?
5.      Persaingan saat ini, seberapa sengit persaingan antar pesaing dalam industry saat ini?



MASALAH MANAJEMEN STRATEGI SAAT INI
            Fleksibilitas strategic yaitu kapabilitas untuk menyadari perubahan lingkungan exsternal yang utama, berkomitmen pada sumber daya secara cepat, dan menyadari ketika keputusan strategi itu tidak berhasil-merupakan hal yang penting karena manajer sering menghadapi lingkungan yang sangat tidak pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar